Kantor Urusan Agama Kecamatan Lima Kaum beralamat di Jl. Sudirman Lima Kaum Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, Kodepos 27213 dengan nomor telepon (0752) 73590, e-mail : kua5kaum@gmail.com
KUA Kecamatan Lima Kaum yang berada di jalur utama mempunyai nilai
lebih dan merupakan lokasi yang strategis bagi tempat pelayanan dan berada di
pusat keramaian sehingga masyarakat tidak merasa canggung dan mudah untuk
dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.
KUA Kecamatan Lima Kaum dalam kualitas dan kuantitas pelayanan kepada
masyarakat terus mengalami peningkatan, jugapeningkatan frekuensi pernikahan
seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan penduduk. Seiring terbitnya PMA 11
Tahun 2007 tentang Pencatatan Nikah dan Peraturan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Nomor: PER/62/M.PAN/6/2005 tentang Jabatan Fungsional Penghulu
dan Angka Kreditnya dan Keputusan Menteri Agama Nomor 517 tahun 2001 tentang
Penataan Organisasi Kantor Urusan Agama Kecamatan, maka KUA Kec. Lima Kaum
melaksanakan tugas-tugas sesuai acuan peraturan tersebut dengan struktur
organisasi yang dipimpin oleh seorang Kepala, satu orang tenaga Fungsional Penghulu,
dua orang Pengolah Bahan Administrasi dan Kepenghuluan, satu orang Pengelola Urusan
Ketatausahaaan dan Kerumahtanggaan dan Bimbingan Kemasjidan, satu orang Pengelola
Bahan Penyuluhan, dua orang Penyuluh Agama Islam Fungsional, satu orang
Pengelola Kegiatan Hari Besar Islam da satu orang petugas ketatausahaan dan
rumah tangga. Sementara itu untuk kelancaran pelayanan dan pembinaan agama dan
pendidikan keagamaan dalam masyarakat KUA Kec. Lima Kaum juga di bantu oleh
tanaga penyuluh agama Islam non ASN sebanyak 16 orang.
MOTTO, VISI DAN MISI KUA KEC. LIMA KAUM
Program Kerja Tahun 2016 KUA Kec. Lima Kaum secara umum dapat dan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,
baik yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas internal maupun hal-hal lain yang
bersifat eksternal.
Untuk itu perlu perencanaan strategis tahun 2016 KUA Kec. Lima Kaum
sesuai dengan fungsinya sebagaimana yang diatur dalam KMA No. 18 tahun 1975
pasal 718, jo Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 517 Tahun 2001 tentang
Penataan Organisasi Kantor Urusan Agama Kecamatan dan kebutuhan internal, dengan
motto, visi dan misi sebagi berikut:
Motto
Dalam hal pelayanan dan melayani masyarakat, KUA Lima Kaum mempunyai
Motto pelayanan yaitu:
MELAYANI DENGAN "P R I M A"
P : Profesional
R : Ramah
I : Ikhlas
M : Memuaskan
A : Akuntabel
Visi Kua Kecamatan Lima Kaum
Pada hakekatnya, visi adalah gambaran yang diimpikan dimasa mendatang
yang menjadi dasar dan rujukan kearah mana sebuah institusi hendak dibawa. KUA
Kecamatan Lima Kaum telah menetapkan visi untuk lima tahun kedepan: "PRIMA
dalam layanan dan santun dalam bimbingan menuju masyarakat kecamatan lima kaum
yang madani" Visi ini merupakan platform
pengembangan dari Visi Kementerian Agama RI sebagaimana yang ditetapkan dalam KMA
Nomor 2 tahun 2010.
Visi ini merupakan grand desain KUA Kecamatan Lima Kaum untuk kedepan
sebagai motivasi sekaligus optimisme terhadap kemampuan mencapai cita-cita
mulia tersebut bersama segenap komponen masyarakat, baik yang tergabung dalam ormas, lembaga
dakwah, lembaga pendidikan formal, informal maupun non formal.
Dengan visi yang telah ditetapkan tersebut diatas, maka diharapkan
masyarakat Kecamatan Lima Kaum menjadi masyarakat yang taat beragama sehingga
dalam menjalani hidupnya selalu melaksanakan segala aturan-aturan dan norma
agama, melaksanakan segala perintah agama dan menjauhi segala larangannya.
Selain itu, dari visi ini juga tersirat harapan untuk terwujudnya masyarakat
yang hidup rukun dan damai, mempunyai bekal pengetahuan yang cukup sehingga
dapat hidup mandiri dan dapat tercukupi kebutuhan hidupnya, sejahtera lahir dan
batin.
Hal tersebut di atas hanya mungkin bisa terwujud jika didasari dengan
pembentukan keluarga sakinah terlebih dahulu. Dan diantara faktor pendukung terwujudnya
Keluarga sakinah adalah pondasi awal pernikahan harus kuat, yakni dengan
melaksanakan pernikahan yang sah sesuai dengan peraturan agama dan negara,
sehingga mempunyai payung hukum yang kuat. Ini semua akan dapat berjalan dengan
baik apabila KUA kecamatan selaku lembaga yang salah satu fungsinya memberikan
pelayanan Nikah dan Rujuk bagi orang Islam mempunyai manajemen yang baik,
sehingga kepentingan masyarakat dapat terakomodir dengan mengedepankan
pelayanan yang berasaskan manajemen modern, profesionalisme, akuntabel,
disiplin, amanah, transparan, sarana dan prasarana yang memadai dan dukungan
pemanfaatan IT yang handal dan optimal.
Oleh karena itu, terlaksananya manajemen yang baik berbasis teknologi informasi
menjadi program unggulan guna mewujudkan pelayanan keagamaan Masyarakat
Kecamatan Lima Kaum yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera
Lahir Batin.
Misi KUA Kecamatan Lima Kaum.
Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan,
maka Kantor Urusan Agama Kecamatan Lima Kaum juga telah menetapkan misinya.
Misi merupakan pernyataan tentang fungsi KUA yang mengarahkan tujuan dan
sasaran yang ingin dicapai. Misi KUA juga menjelaskan mengapa KUA itu ada, apa
yang dilakukan dan bagaimana melakukannya. Dengan kata lain, Misi KUA adalah
kegiatan yang harus dilaksanakan atau fungsi yang diemban oleh KUA untuk
merealisasikan visi yang telah ditetapkan, yaitu:
- Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nikah dan Rujuk berbasis Teknologi Informasi
- Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keagamaan dan Peran Lembaga Keagamaan.
- Meningkatkan Kualitas Bimbingan Keluarga Sakinah.
- Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi dan Bimbingan Haji, Zakat dan Wakaf.
- Memaksimalkan Koordinasi Lintas Sektoral dan Kemitraan Umat
( KISAH NYATA LULUS PNS GURU KOTA KUPANG)
BalasHapus5 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya di tahun 2016 Berhasil
Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.
Mohon maaf mengganggu waktunya sy cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2016 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di Salah satu SD INPRES PALSATU desa Lasiana di provensi Nusa Tenggara Timur tepatnya Kota Kupang Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Drs. SIDIK KADARUSMAN beliau selaku (DIREKTUR PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN BIDANG KEPANGKATAN, PENGANGKATAN, DAN PEMBERHENTIAN DALAM JABATAN ) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs. SIDIK KADARUSMAN Handphone Beliau ( WA. 0852 4429 7611 ),siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 09 Desember 2017 kemarin saya melakukan komunikasi kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
-Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Selalu mensupport aku
-Terimakasih untuk khususnya (DIREKTUR PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN BIDANG KEPANGKATAN, PENGANGKATAN, DAN PEMBERHENTIAN DALAM JABATAN ) Drs. SIDIK KADARUSMAN, Msi beliau selaku petinggi BKN PUSAT, dialah yang membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.
Salam & Terimakasih